Skip to main content

Tentang Salah-Satu Klub Baseball SMA di Sapporo⚾

Assalamualaikum wr wb. Salam sejahtera bagi kita semua.

Kalian tahu permainan baseball? Kalian pernah bermain baseball?

Kalau aku sih belum pernah bermain baseball.

Nah, di postinganku kali ini aku mau membagikan hasil wawancaraku dengan salah-satu murid Jepang yang menjadi anggota klub baseball di sekolahnya. Baca sampai selesai, ya🙏😃




Siapa murid yang aku wawancarai?

Dia adalah Ryuto Takahashi, murid kelas 3 di Sapporo Intercultural and Technological High School (SIT). Pasti kalian tahu sekolah ini setelah membaca postinganku yang berjudul "Sekolah Ini Piknik ke Hawaii". Murid dengan panggilan Ryo ini menjadi anggota klub baseball sejak kelas 10, sejak masuk di sekolah tersebut.


Apakah ada syarat atau tes untuk bergabung di klub baseball sekolahnya?

Di SIT tidak ada seperti itu. Tetapi, ada sebagian sekolah yang mengadakan tes.



Berapa anggota di klub baseball SIT?

Ada sekitar 70 anggota. 18 anggota dipilih oleh manajer untuk mengikuti turnamen dan sisanya tidak mengikuti turnamen.


Kapan diadakan latihan baseball?

Saat ada hari-hari sekolah, latihan akan diadakan pukul 4 sore sampai 8 malam.

Saat tidak ada hari sekolah akan diadakan permainan yang diadakan dari pagi sampai sore. Waktu libur tidak tetap, biasanya libur latihan ada di hari Minggu.


(Latihan di musim salju)


Siapakah presiden di klub baseball?

Presidennya adalah guru sekolah menengah. Coba tonton video di bawah ini👇


(Pemimpinnya adalah mantan pemain bisbol.)

Kapan sih anggota kelas 3 pensiun dari klub baseball? Dan apakah bisa berhenti menjadi anggota sebelum waktunya?

Anggota kelas 3 akan pensiun di musim panas karena itu adalah turnamen terakhir.

Tentu saja, boleh berhenti menjadi anggota sebelum waktunya.


Seperti apa sih latihan mereka?

Aku sudah menonton beberapa video di youtube, ternyata latihannya memang berat seperti apa yang dikatakan Ryo. Salah satunya latihan angkat beban, ada juga lari dengan ikat pinggang yang diikat dengan beban, tentu saja juga ada latihan memukul dan melompar bola, dan masih banyak lagi.

Kalau kalian pengen tahu latihannya seperti apa coba tonton video di bawah ini👇



(Pelatihan di Osaka Kirikage.)



(Metode pelatihan di Osaka Kirikage.)





Apa saja turnamen yang diikuti klub baseball SIT?

Di tahun 2020 ini, mereka berhasil menuju ke babak semi-final dalam turnamen Hokkaido Selatan Musim Panas 2020.

(Klub Baseball SIT masuk di koran saat turnamen Hokkaido Selatan Musim Panas tahun 2020)

Kalian juga bisa tonton pertandingannya di bawah ini👇




Di tahun 2019, mereka mengikuti turnamen kejuaraan Bisbol Sekolah Menengah Nasional ke-101, turnamen Hokkaido Selatan. Tahun ini mereka juga mengikuti kejuaraan Bisbol Sekolah Menengah Musim Semi ke-58 dan menduduki posisi terbaik ke-4.



Bahkan di tahun 1996, mereka mengikuti kejuaraan Bisbol Sekolah Menengah Nasional ke-78, turnamen Hokkaido Selatan dan menduduki posisi terbaik ke-4.

Mereka terus mengikuti turnamen setiap tahunnya.




Bagaimana perasaan Ryo selama menjadi anggota klub baseball di sekolahnya?

"Latihan itu sangat sulit dan saya hampir putus asa, tetapi saya bisa berkembang pesat melalui pengalaman itu. Juga, saya menikmati bermain bisbol favorit saya sesuka hati. Saya berterima kasih kepada orang-orang yang telah mendukung saya," ucap Ryo, murid yang tengah sibuk menyiapkan ujiannya untuk melanjutkan pendidikannya di salah satu sekolah akademik pelayaran di Hiroshima.






Selain itu beberapa anak kecil di Jepang juga sudah bermain baseball bersama di lapangan dekat rumah atau di sekolahnya.




Nah, kurang lebih seperti itu tentang baseball yang aku dapetin dari hasil wawancara dengan Ryo. Gimana menurut kalian? Tinggalkan kritik dan saran, ya🙏😃 Terima kasih sudah membaca!🙏😊 Semoga bermanfat, ya.

See you!

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Zat Cair Menguap dari Permukaan dan Kue Matang dari Pinggir?

M engapa zat cair menguap dari bagian permukaan dan kue matang dari bagian pinggir??? Fenomena tersebut dapat dijelaskan dengan melihat gaya tarik menarik antar partikel zat cair di dalam wadah. Gaya tarik menarik antar sesama molekul sejenis disebut gaya kohesi. Zat ca ir akan menguap pada suhu di bawah titik didih, disebut evaporasi. Zat cair menguap pada suhu tepat di titik didihnya, disebut vaporasi. Vaporasi dan evaporasi juga terjadi pada senyawa lain dan molekul lain yang berwujud cair. Zat cair akan menguap dari permukaan. Partikel zat cair pada permukaan hanya melakukan gaya tarik menarik dengan partikel zat cair di samping kiri kanan dan di bawah. Hal tersebut berbeda dengan partikel zat cair di bagian lebih dalam, gaya tarik menariknya dari atas, bawah, dan samping kiri kanan. Perbedaan tersebut mengakibatkan zat cair di permukaan lebih dulu menguap karena gaya tarik menarik sedikit. Proses penguapan zat cair termasuk reaksi endoterm karena zat cair membutuhkan energi untuk

Di Balik Mataku

Assalamualaikum wr. wb Salam sejahtera bagi kita semua. Maaf baru update, ya. Tanpa basa-basi lagi, di portingan kali ini aku buat sebuah cerpen. Jadi, ada seorang siswi SMA yang baru lulus dan berniat melanjutkan ke dunia perkuliahan, namanya Chira. Tapi, sang Kakak menolak mentah keinginan Chira, apalagi Kakaknya langsung menolak beasiswa yang ditawarkan untuk Chira. Kakaknya hanya ingin Chira tidak seperti Mama. Apakah itu alasan sebenarnya? Memang ada apa dengan Mama mereka?Padahal sang Kakak lulus dari program S1 nya. Kenapa Chira tidak boleh? Katanya sih Chira dan Kakaknya itu berbeda. Berbeda bagaimana, ya? Penasaran? Baca sampai selesai, ya🙏😊 Di Balik Mataku Sandyakala berpendar sangat cantik. Hawa dingin mulai bersemilir. Ku pandangi goresan tinta di atas secarik kertas, goresan mimpi-mimpiku yang terlihat jelas di mataku. Tidak biasanya aku menunggu selama ini. Menunggu sosok yang telah berjuang untukku sejak kecil dan selalu ada untukku dalam setiap waktu. Krek … "Aku